Selasa, 23 September 2008

Cermati Si Penguras Energi

Cermati Si Penguras Energi

1. Gula

Gula cepat menyediakan energi, tetapi tak berapa lama akan turun drastic. Kurangi gula dengan mengasup makanan sehat, misalnya karbohidrat kompleks.

2. Olahraga kurang atau berlebihan

Olahraga memberi energi pada fisik, mental, dan emosi. Jugameningkatkan suaana hati dengan dilepasnya hormone endorphin, zat kimia yang membuat bahagia, dan meningkatkan energi. Namun jika olahraga berlebihan (over training) bisa menguras cadangan energi, memecah otot, dan membuat tubuh lemah. Overtraining menekan system imun yang akhirnya menurunkan resistensi tubuh terhadap serangan bakteri dan virus.

3. Dehidrasi

Air penting untuk membantu mengusir racun tubuh dan menjaga energi tetap di puncak. Cukupi kebutuhan minum 8 elas sehari.

4. Kurang tidur

Tidak cukup tidur bisa karena anda mengalami kecemasan atau ketakutan, depresi, suasana berisik, minum kafein, alcohol. Kembalikan sikus tidur anda ke kondisi normal. Lakukan relaksasi dan hindari minuman yang membuat anda tetap terjaga.

5. Berperilaku buruk

Mengubah cara berpikir dan bertindak dalam sudut positif akan menaikkan kekuatan anda.

6. Tidak cukup makan

Berdiet rendah kalori dalam waktu lama, menurut Alex Lluch dan Sarah Jang, penuls buku Simple Principles to Eat Smart & Lose Weight, membuat tubuh kelaparan, metabolisme melambat dan rendah energi. Melaparkan diri diantara waktu waktu juga bisa menyedot energi. Tingkatkan metabolisme dengan mengasup kalori cukup dalam selang waktu regular. Makan dalam porsi kecil setiap 2-3 jam. Hindari selang waktu yang lama tanpa makanan.

7. Stress

Stress cepat menghabiskan energi. Atasi dengan meditasi, jalan kaki, relaksasi, atau bernafas dalam.

8. Kurang percaya diri

Menghabiskan waktu anda menyenangkan orang lain bisa menyedot energi. Agar tidak mengalaminya, jadilah diri sendiri.

Sumber : Gaya Hidup Sehat Edisi 457 / 18-24 April 2008

Tidak ada komentar: