Minggu, 08 Februari 2009

Kiat Sehat Saat Hamil

JAKARTA-- Pada wanita yang sedang hamil, seringkali mengalami berbagai keluhan seperti pusing, mual, muntah dan lemas. Hal tersebut tergolong wajar, apabila tidak sampai mengganggu aktivitas sehari-hari. Terutama pada trisemester awal dan akhir, kondisi tubuh Anda memang sering berubah-ubah.

Berbagai mitos dalam masyarakat juga kerap membuat kondisi psikologis ibu hamil mengalami serba ketakutan. Misalnya, ibu hamil tidak boleh mengonsumsi air es karena bisa membuat bayi lahir besar. Hingga saat ini belum ada penelitian yang membuktikan hal tersebut.

Selain itu, mitos mengenai ibu hamil yang dilarang mengonsumsi durian karena dapat menyebabkan gangguan kehamilan. Hal yang sebenarnya, durian menyebabkan kenaikan kadar kolesterol darah dan mengandung jumlah kalori yang cukup tinggi, tidak sepadan dengan vitamin yang didapatkan dari durian tersebut. Sedangkan pada ibu hamil, seyogyanya memilih makanan yang lebih tinggi nilai nutrisinya, dan tidak terlalu menggemukkan.

Sebenarnya tidak sulit mencapai kondisi prima saat hamil. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan Anda dan bayi dalam kandungan, antara lain:

  • Perbaiki pola makan. Saat Anda hamil maka pola makan harus mengikuti diet makan untuk ibu hamil. Kehamilan Anda membutuhkan lebih banyak konsumsi protein, kalori, vitamin dan mineral seperti asam folat dan zat besi untuk perkembangan janin. Ingat Anda membutuhkan tambahan 300 kalori perhari.
  • Sebaiknya hindari makanan yang dapat membahayakan kesehatan ibu dan janin. Misalnya, daging dan telur mentah, keju lunak, susu yang tidak dipasteriusasi, alkohol dan kafein.
  • Pada trimester pertama biasanya terdapat keluhan mual muntah. Cobalah atasi dengan makan dengan porsi kecil tapi sering, hindari makanan pedas dan berminyak. Makan dengan porsi yang kecil tapi dilakukan beberapa kali, dianjurkan setiap 4 jam.
  • Jika perlu, minum vitamin secara teratur. Makanan yang Anda konsumsi adalah sumber vitamin yang palingbaik. Apabila dibutuhkan, konsumsi vitamin mengandung zat besi dan asam folat yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan bayi sehat. Konsumsi secara teratur.
  • Penuhi hidrasi optimal. Usahakan untuk minum air minimal delapan gelas sehari. Ibu hamil butuh cairan yang cukup. Cairan dibutuhkan untuk membangun sel darah merah bayi untuk sistem sirkulasinya, cairan ketuban. Tubuh juga perlu air selama kehamilan untuk mengatasi konstipasi dan mengatur suhu tubuh.
  • Cermati asupan serat. Perbanyaklah makan makanan yang berserat tinggi. Buah-buahan dan sayuran dapat membantu mengatasi konstipasi Anda selama kehamilan.
  • Ingat, kehamilan bukan masa yang tepat untuk diet. Dikhawatirkan hal itu akan menyebabkan kurang vitamin, mineral dan lain-lain yang penting selama kehamilan. Sebanyak 33 % pertambahan berat badan pada kehamilan adalah cairan. Pertambahan berat badan pada kehamilan merupakan salah satu tanda yang baik pada kehamilan yang sehat

Tidak ada komentar: