Senin, 09 Februari 2009

Tanaman Hias Beracun


BANDUNG -- Masyarakat diimbau supaya berhati-hati jika memiliki tanaman hias, karena tidak semua tanaman hias aman untuk dipelihara meskipun tidak semua tanaman hias mengandung racun.Demikian dikatakan Dosen Biologi Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Prof Aseng Ramlan, kepada ANTARA, Kamis."Tamanan hias itu, ada yang beracun dan ada juga yang tidak," katanya.

Ia menyatakan, masyarakat tidak perlu panik dan khawatir dengan isu tamanan beracun di Bandung, karena hanya beberapa jenis tanaman hias saja yang memiliki racun.Menurut dia, berdasarkan hasil penelitian yang dilakukannya, ada dua jenis tamanan hias yang memiliki racun, yaitu Olinder Nelium atau yang lebih dikenal dengan istilah Pohon Mentega serta pohon Bintaro/Pohon Pelindung.

Dikatakannya, Olinder Nelium, ialah tanaman yang masih satu famili dengan Bunga Kamboja.Racun yang ditimbulkan dari Olinder Nelium, kata Prof Ateng, berasal dari getahnya. "Kalau kita luka, dan getah Olinder Nelium mengenai bagian lukanya, maka itu berpotensi menyebabkan kelumpuhan," katanya.

Pihaknya merasa prihatin karena selama ini, tamanan hias yang memiliki racun masih banyak dipelihara dipekarangan rumah atau taman-taman kota."Wajar saja jika masyrakat tidak tahun mana tamanan hias yang beracun mana yang tidak, karena pengetahuan mereka kurang," katanya.

Oleh sebabnya, ia berharap, pemerintah dalam hal ini, Dinas Pertamanan dapat lebih menyosialisasikan mana tanaman hias yang dapat dipelihara mana yang tidak.Isu tamanan beracun, bermula saat aksi penanaman pohon oleh Walikota Bandung, di daerah Sulaksana Baru, Antapani Kota Bandung, pagi tadi.Dalam sambutanya, ia menginformasikan bahwa di Bandung terdapat tanaman beracun dan saat ini pihaknya sedang melakukan penyidikan lebih lanjut dengan Dinas Pertamanan. Sumber : Republika online

1 komentar:

Pesona Indonesia mengatakan...

Adanya Penemuan baru tanaman hias beracun, berlebihan. selama ini yang terjadi dalam masyarakat kecil sekali peristiwa keracunan tanaman.http://zami-anthurium.blogspot.com/