Minggu, 08 Februari 2009

Manfaat Menggendong Metode Kangguru


JAKARTA-- Dalam gendongan yang membiarkan terjadinya kontak kulit dengan orang tua, maka bayi akan merasa aman, nyaman, dan merasakan sentuhan kasih.

Terutama untuk bayi-bayi kecil atau prematur yang lahir dengan berat badan di bawah 2 kilogram, dianjurkan untuk menggendongnya di dada, sehingga terjadi kontak kulit dengan kulit (skin to skin contact). Cara itu dinamakan dengan metode kanguru.

Menggendong ala kanguru merupakan salah satu cara mencegah bayi yang baru lahir menderita kedinginan. Efektivitasnya juga jauh lebih baik daripada menghangatkan dengan menggunakan lampu. Bayi digendong sepanjang hari atau 24 jam secara bergantian sampai berat badannya mencapai sekitar 2500 gram, seperti halnya bayi yang lahir normal.

Di samping efek sentuhan kulit, metode tersebut akan membuat bayi lebih tahan sakit daripada dengan digendong memakai jarit. Berat badannya pun akan cepat sekali naik.

Menggendong cara ini pada bayi normal yang sakit juga akan membuatnya tenang dan lebih mudah cepat tidur. Cara itu juga efektif menghangatkan bayi yang tinggal di daerah dingin atau pegunungan. Hanya menggendongnya tidak secara terus menerus sepanjang hari, tapi hanya beberapa jam saja.

Tidak ada komentar: